Published On: Sun, Mar 11th, 2012

Tool Disk Defragmenter untuk Mempercepat Akses Data pada Harddisk

Program utilitas yang digunakan untuk mengatur kembali file dan digunakan untuk merapikan ruang pada hard disk, sehingga sistem operasi dapat mengakses data lebih cepat dan mudah. Saat mengoperasikan sistem data pada harddisk, menyimpan data di sektor pertama yang tersedia pada harddisk. Dalam hal ini data file disimpan pada harddisk dalam bentuk yang tersebar, disebut juga “File terfragmentasi”. Fragmentasi memperlambat akses data kecepatan komputer. Anda dapat meningkatkan kinerja komputer Anda dengan de-fragmenting hard disk Anda.

Pada proses de-fragmentasi, data dari setiap file yang disimpan di sektor-sektor secara bersambungan. Ada banyak perangkat lunak pihak ketiga yang tersedia di pasar untuk tujuan ini tetapi Anda dapat menggunakan program utilitas bernama Disk Defragmenter di system operasi Windows. Untuk memulai tools Disk Defragmenter, pertama pastikan semua program berjalan ditutup.

Untuk menjalankan tools Disk Defragmenter, klik tombol Start, ketik Run dan ketik dfrg.msc kemudian tekan ok. Lalu jendela Disk Defragmenter akan muncul. Pilih drive dan tekan tombol Defragmenter. Jika Anda memiliki hard disk yang besar, proses ini dapat memakan waktu beberapa jam. Kami sarankan Anda melakukan hal ini setiap 1 (satu) bulan jika Anda ingin meningkatkan kinerja komputer Anda.

 

About the Author

- Pengelola portal DokterKomputer.com yang memberikan informasi lengkap tentang dunia komputer dan IT. Serta siap membantu service komputer dan hardware lainnya. Kunjungi selalu portal ini dan ilmu Anda akan terus bertambah.

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Hary says:

    Terima kasih infonya pak Dokter :D memang buat saya defrag hardisk sudah menjadi kegiatan wajib setiap saat membuka komputer, hasilnya nih kompie tua masih tokcer aja hehehe..

    Salam,
    Hary

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>