Published On: Wed, Oct 26th, 2011

Tanya: Kenapa komputer selalu hang?

Dear DokterKomputer.com

Saya punya komputer selalu hang, apa yang harus saya lakukan?
Padahal komputer tersebut baru dan berkapasitas besar.

Mohon bantuannya untuk tips agar saya dapat melakukan pengecekan dan pencegahan.

Salam
Robert
Pontianak

Dear Robert,

Jika kita sedang memakai komputer lalu tiba-tiba hang, memang sangat menjengkelkan.
Apa lagi jika sedang dikejar pekerjaan.

Maka tips dari kami untuk pengecekan awal dan pencegahan adalah :

1. Lakukan pengecekan virus dengan menggunakan antivirus yang aktif dan terupdate. Bisa jadi penyebab hang adalah adanya virus yang sedang aktif bekerja.

2. Lihatlah aplikasi-aplikasi yang sedang dibuka. Jika terlalu banyak aplikasi yang dibuka dalam bersamaan bisa jadi overload, processor dan memory tidak sanggup melakukan proses. Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang dibuka, jika di Ms Windows, lihatlah di pojok kanan bawah desktop, ada ikon-ikon yang aktif atau lihat di Control Panel – Device Manager – Task Manager, akan terlihat aplikasi yang sedang aktif.

3. Untuk mengurangi terjadinya hang, jika banyak aplikasi yang sudah tidak terpakai atau memang tidak digunakan maka aplikasi tersebut bisa di delete. Lihat di menu program dari aplikasi tersebut jika ada pilihan uninstall bisa lakukan atau melalui Control Panel – Add or Remove Program.

4. Cek juga dokumen dan data yang tidak terpakai lagi, bisa di delete juga. Agar ruang penyimpanan bisa lebih besar.
Jangan membuka attachment /file lampiran dari email yang kita tidak kenal, karena bisa jadi itu adalah virus atau program yang berbahaya.

5. Lakukan Defragment secara rutin terhadap harddisk kita, agar tertata rapi susunan datanya. Dengan cara: masuk ke Control Panel – Disk Management – Defragment, pilih harddisk/partisi yang akan di defrag.

6. Biasakan melakukan proses mematikan komputer dengan normal yaitu melalui proses shutdown.

7. Jika bisa ada UPS (baterai) agar jika terjadi mati listrik, komputer tidak mendadak mati sehingga mengurangi kerusakan pada komputer.

Demikian tips dan jawaban dari kami, semoga bermanfaat.

 

About the Author

- Pengelola portal DokterKomputer.com yang memberikan informasi lengkap tentang dunia komputer dan IT. Serta siap membantu service komputer dan hardware lainnya. Kunjungi selalu portal ini dan ilmu Anda akan terus bertambah.

Displaying 8 Comments
Have Your Say
  1. dearie says:

    dear dokterkomputer.com

    saya mau tanya…???

    di laptop saya pada LCD bawah terdapat garis panjang yang sangat mengganggu itu penyebabnya apa yaa…???

    katanya karena riveiteq . apakah benar penyebabya adalah reveiteq…??? mohon bantuannya trus apa yang harus saya lakukan….????

  2. anung says:

    Dear Dr.Komputer

    Salam kenal..
    Saya punya permasalahan pada komputer di kantor:
    Pada saat komputer dinyalakan, pengecekan hardware s/d login mau tampil di monitor, tapi setelah itu monito menjadi gelap/tidak ada tampilan sama sekali.
    Tetapi walaupun tidal ada tampilan, ketika saya coba matikan dengan memencet tombol Windows+tombol U sebanyak dua kali komputer mati seperti biasa.
    Ketika saya mencoba masuk lewat safe mode, semua tampil dan berjalan normal di monitor. Kembali ke User sudak tidak bisa lagi. Terima kasih dan mohon Bantuannya.

    Salam

    Anung
    Magetan

  3. dimas says:

    Dear Dr.Komputer

    Salam Kenal…..
    saya mau tanya… saat komputer di hidup kan kipas procecor menyala tapi waktu di colokkan ke kabel monitor kok langsung mati… itu di sebabkan karena apa dok?

    terima kasih
    salam

    dimas
    padang

  4. halo dearie sesuai pertanyaan anda, saya akan menjelaskan akar dari permasalahannya

    @ terdapat garis panjang di bawah LCD itu setahu saya itu bukan riveiteq tapi IC (komponen yang ada di lcd sudah lemah,jadi menyebabkan terdapat garis pada LCD) dan suatu saat akan bertambah banyak jika tidak di tanganin dengan cepat
    sebaiknya anda langsung bawa ke vendor dimana LCD itu di buat untuk penagan lebih lanjut, selain lebih terjamin dan juga lebih aman

    berikut tips dari saya agar LCD tidak gampang rusak

    1. ketika anda membuka/menutup laptop di harapkan untuk pelan-pelan,karena itu akan mebuat getaran yang cukup untuk merusak komponen lcd & fleksibel

    2. usahakan bersihkan setiap hari notebook mulai dari LCD sampai KEYboard DLL anda,untuk menghindari masuknya debu ke dalam komponen-komponen notebook anda, selain memperpanjang umur dan juga dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah

    3. jangan menggunakan program-program yang berat ( tampilan graphic) jika anda menggunakan laptop tipe lama, selain membuat kerja keras LCD untuk menampilkan layar, itu juga akan mempercepat umur LCD,

    sekian tips dan saran dari saya semoga bermanfaat

    salam
    Kiki nanda pratama
    (teknisi dokterkomputer.cab cikarang)

  5. halo anung

    untuk anung sudahkah anda cek resolusi tampilan??? di windows normaly??
    kalo belum coba anda cek di resolusinya.
    setelah itu pastikan driver VGA yang anda masukan sudah benar,karena itu dapat mempengaruhi kerja dari VGA.

    jika anda membuka windows safe mode untuk pengecekan, itu langkah yang cukup bagus untuk mendiagnosa, tapi windows sefe mode tidak menjamin kerusakan akan terkendali,karena di windows safemode program tidak ada yang berjalan.biasanya windows safemode itu di gunakan untuk SCAN VIRUS,DAN DEFRAGMENT, itu biasa saya pakai ketika menghadapi virus-virus yang menjengkelkan.. Heheheh

    sekian..

    salam
    Kiki Nanda Pratama
    (teknisi dokterkomputer.cab cikarang)

  6. kobem says:

    Dok komputer, saya mau bertanya kenapa komputer saya terkadang selalu hang padahal saya baru saja install ulang OS . RAM ok, CPU ok, apakah karena VGA ?? kalau vga belum saya cek. CPU saya celeron D325 2,5. Software yang terinstall juga masih sedikit, dam komputer saya ga lemot. Jadi permasalahan saya cuma hang aja. Terima Kasih mudah2an bisa memberi solusinya kepada saya :)

  7. Isei says:

    Dear Dr.Komputer.com

    Saya baru beli CPU baru, tapi hardisk pake yang lama (masih ATA) kemudian saya pake konektor IDE to SATA, dan karena tidak mau repot saya tidak menginstall ulang windows XP saya pada cpu baru, saya masih menggunakan XP dari PC saya sebelumnya dengan melakukan pengaturan pada DeviceManager supaya OS dapat langsung dipakai di mobo baru, tapi masalahnnya setiap beberapa menit (setelah masuk windows)komputer saya langsung hang seperti hardisk tidak terbaca (setlah direstartpun selalu terjadi hal yang sama).

    pertanyaan saya apa penyebab komputer saya selalu hang? apa karena windowsnya yang tidak diinstall? atau ada masalah pada konektor ide to sata? atau kerna jumlah partisi dihardisk saya C,D,E,F (seagate ATA 160G) dan bagaimana cara memperbaikinya supaya komputer saya jalan lagi?

    note*
    - saya sudah coba set Hardisk menjadi slave tapi tetap hang seperti itu.
    - saat perakitan pin prossesor & mainboard nya kesentuh (lebih tepatnya disentuh psonakan)apa itu dapat menyebabkan kerusakan seperti ini?
    - setelah hardisk saya pasang di CPU baru, hardisk error (saat booting) saat saya pasang kembali di CPU lama “premary Master Hard Disk Error” itu kenapa?
    - partisi di hardisk saya C,D,E,F.

    tolong bantuannya soalnya saya takut hardisk saya tidak dapat dipakai lagi, banyak sekali data yang penting di hardisk tersebut.

    trima kasih.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>