Published On: Fri, Jan 20th, 2012

Symantec Temukan Aplikasi Malware di Android Market

CHIP.co.id – Setelah pada akhir tahun 2011, Symantec menginformasikan beberapa hal penting yang harus diwaspadai di tahun 2012 termasuk serangan kepada perangkat bergerak, kali ini Symantec menginformasikan akan temuan aplikasi palsu yang menyerang Android Market.

Symantec menemukan aplikasi palsu dengan nama Android.Steek, dimana aplikasi ini hadir di Android Market. Aplikasi palsu ini akan menghadirkan informasi palsu dimana pengguna perangkat bergerak Android diarahkan untuk mengunduh aplikasi game full version secara cuma-cuma, namun ini merupakan siasat untuk menyerang perangkat bergerak pengguna. Aplikasi palsu yang termasuk malware ini juga memalsukan beberapa game terkenal di Android Market.

Selain Android.Steek, hadir pula aplikasi malware dengan nama Android.Qicsomos yang menyamar sebagai aplikasi penghapus Carrier IQ. Target dari aplikasi ini adalah pengguna ponsel pintar di Perancis dengan skema pengiriman pesan teks menggunakan nomor premium tersembunyi. Pembuat malware juga telah menemukan cara untuk menyiasati model otorisasi aplikasi Android dalam situasi tertentu, bahkan dapat terinstal pada perangkat tanpa harus melalui layar pemberitahuan perijinan kepada penggunanya.

Serangan pada awal tahun ini menginformasikan bahwa ancaman malware kepada pengguna perangkat bergerak berbasis Android semakin gencar, dan tentunya para pengguna harus semakin selektif dalam menginstal aplikasi dari Android Market.

Sumber : Chip Online

 

About the Author

- Pengelola portal DokterKomputer.com yang memberikan informasi lengkap tentang dunia komputer dan IT. Serta siap membantu service komputer dan hardware lainnya. Kunjungi selalu portal ini dan ilmu Anda akan terus bertambah.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>