Jakarta (ANTARA News) – Apple, dalam acara peluncuran di San Francisco Rabu siang atau Kamis dinihari WIB, mengatakan bahwa iPad generasi ketiga akan mulai tersedia di pasar AS 16 Maret, dan di 25 negara lainnya menyusul seminggu kemudian.

iPad terbaru itu memiliki sejumlah fitur yang telah ditingkatkan termasuk teknologi 4G alias LTE, layar resolusi tinggi, dan berprosesor quad-core.

Dalam sebuah acara di Yerba Buena Center for Arts di San Francisco–sebagaimana sudah diperkirakan oleh banyak kalangan sebelumnya–CEO Apple Tim Cook dan sejumlah eksekutif lainnya mengumumkan gadget baru itu.

Bukan cuma iPad, Apple juga mempersembahkan dua lainnya yaitu aplikasi universal iPhoto dan Apple TV set-top box baru.

Bintang acara itu, bagaimanapun adalah iPad terbaru, yang belum “dibaptis” nama resminya dan para eksekutif Apple secara bergantian menyebutnya sebagai iPad generasi ketiga atau iPad terbaru.

“Ketika kami memulai untuk membuat iPad, kami berangkat untuk membuat sebuah kategori baru, perangkat terbaik untuk melakukan hal-hal yang sering anda lakukan, seperti browsing web dan cek email. Itu satu perintah penting, tetapi pengguna iPad memberitahu kami dan itulah yang kami lakukan,” kata Tim Cook dikutip Mercury News.

Wakil presiden senior worldwide marketing Apple, Phil Schiller, menguraikan mengenai upgrade komponen iPad terbaru, mulai dari retina display yang dikenalkan pertama kali pada iPhone 4.

Layar beresolusi 2038×1536 pixel, menyajikan lebih dari 3,1 juta pixel, paling tinggi dalam sejarah.

Otak di dalam iPad baru itu adalah sebuah microchip A5X dengan grafis quad-core, dan Schiller menekankan produk-produk lain pesaingnya menggunakan 1X.

“Ini adalah sebuah pembangkit-daya grafis,” kata Schiller.

Kemampuan kamera juga telah ditingkatkan dengan sensor yang lebih baik, dengan iluminasi backside dan berkemampuan merekam video high-definition. Kamera barunya “memberikan detil yang luar biasa, tajam, dan deteksi wajah otomatis.”

Fitur baru lainnya ialah voice dictation, namun tidak menyertakan aplikasi Siri yang telah dipopulerkan oleh iPhone terbaru model 4S.

Terakhir, kemampuan koneksi jaringan mobile terbaru yang dikenal dengan long-term evolution atau LTE. “Perangkat juga bisa berfungsi sebagai sebuah hotspot mobile 4G,” kata Schiller.

Harga iPad terbaru akan dipasarkan mulai harga 499 dolar hingga 829 dolar untuk versi tertinggi (highest-end), sementara harga iPad 2 akan turun dari yang berharga 499 dolar menjadi 399 dolar.

iPad terbaru akan tersedia di pasar AS mulai 16 Maret, dan di 25 negara lainnya akan menyusul seminggu kemudian, dan Schiller mengklaim ini merupakan peluncuran tercepat dari yang pernah dilakukan Apple.

Sementara Apple TV set-top box, yang sudah mendukung video HD 1080pixel dan pencarian konten lebih mudah, akan dipasarkan dengan harga 99 dolar dan akan tersedia mulai minggu depan.

Aplikasi universal iPhoto, yang diklaim berkemampuan browsing cerdas, editing multitouch, dan efek berkualias profesional, akan jual Apple dengan harga 4,99 dolar.

(*)

Editor: Suryanto

Sumber: Antara – COPYRIGHT © 2012