Sebuah bentuk baru dari memori komputer yang dapat lebih cepat, user-friendly komputer telah dikembangkan oleh para peneliti AS.

Perangkat, yang dikembangkan oleh tim di North Carolina State University, mengklaim untuk menggabungkan keunggulan dari dua bentuk commons memori yang digunakan saat ini.

The “bersatu” memori perangkat, diuraikan dalam jurnal IEEE Computer, masih menjalani pengujian.

Namun, tim percaya itu bisa membentuk dasar PC yang segera dimulai.
Tetap cepat

Saat ini, komputer bergantung pada dua bentuk yang berbeda dari memori: volatil dan non-volatile.

Jenis memori yang digunakan tergantung yang diakses dengan cepat atau disimpan secara permanen.

Teknologi Volatile seperti memori akses acak (RAM) DRAM atau variasi baru yang, menyimpan data sedemikian rupa sehingga dapat dibaca dan ditulis dengan cepat, sehingga ideal untuk perhitungan cepat. Tapi data hilang bila daya dimatikan.

Sebaliknya, non-volatile memori perangkat, seperti flash drive ditemukan dalam kartu memori, USB dan MP3 player, dapat menyimpan informasi untuk waktu lama tanpa daya.

Tapi perangkat yang diciptakan oleh Dr Paul Franzon dan timnya menggabungkan kecepatan DRAM sementara bisa beralih ke mode lebih gigih penyimpanan.

Yang berpotensi akan memungkinkan para pembuat komputer untuk membangun mesin yang seketika, sebagai informasi yang dibutuhkan untuk memulai mesin dapat disimpan dalam memori cepat, kata Dr Franzon.

Hal ini juga dapat menyebabkan server yang dapat dimatikan, jika tidak digunakan.

Saat ini, server yang ditemukan di pusat-pusat data yang paling terus mencucup energi bahkan ketika prosesor mereka yang menganggur karena memori server tidak dapat dimatikan tanpa mempengaruhi kinerja.
Tahan memori

Perangkat yang dikembangkan oleh tim Dr Franzon itu – yang dikenal sebagai transistor floating-gate efek medan ganda – menyimpan data dalam bentuk biaya, seperti non-volatile memori, tetapi menggunakan gerbang kontrol khusus untuk memungkinkan data yang disimpan untuk diakses dengan cepat.

Flash saat ini perangkat memori menggunakan gerbang mengambang tunggal untuk menyimpan muatan listrik, yang mewakili data. “Kami menyadari bahwa gerbang kedua akan memungkinkan kita untuk mentransfer biaya sangat cepat,” kata Dr Franzon.

Timnya telah menunjukkan mereka dapat mentransfer biaya – berlaku mengubah data – sekitar 15 nanodetik. “Itu sebanding dengan kecepatan DRAM,” tambahnya.

Ketika dalam modus non-volatile, data akan disimpan dengan aman selama beberapa tahun.