1. Jangan menyemprotkan cairan apapun ke komponen komputer. Jika semprotan diperlukan, semprot cairan ke kain dan kemudian menggunakan kain yang menggosok bawah komponen.

2. Saat membersihkan komponen atau komputer, matikan sebelum dibersihkan.

3. Hati-hati saat menggunakan larutan pembersih, beberapa individu mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam larutan pembersih dan beberapa pelarut bahkan dapat merusak. Cobalah untuk selalu menggunakan air atau pelarut sangat diencerkan.

5. Saat membersihkan, berhati-hatilah untuk tidak sengaja menyesuaikan setiap tombol-tombol atau kontrol. Selain itu, saat membersihkan bagian belakang komputer, jika ada sesuatu yang terpasang, pastikan untuk tidak cabut dari colokan.

6. Saat membersihkan, terutama yang lebih kecil dalam komputer portabel atau laptop itu disarankan bahwa Anda juga memegang sesuatu kipas atau tempat di-antara bilah kipas untuk mencegah berputar. Penyemprotan kompresi udara ke kipas angin atau membersihkan kipas dengan ruang hampa dapat menyebabkan kerusakan atau kembali tegangan yang akan dihasilkan.

7. Jangan pernah makan atau minum di sekitar komputer.

8. Batasi merokok di sekitar komputer.